Tuesday, July 28, 2009

mimpi hitam putih

Bisakah TV mempengaruhi bagaimana anda bermimpi? Sebuah penelitian yang dilakukan Eva Murzyn dari Dundee University menemukan bahwa orangtua yang masa kecilnya hanya memiliki akses menonton TV hitam-putih ternyata juga bermimpi dalam hitam-putih lebih sering dibandingkan orangtua + anak muda yang kecilnya sudah menonton TV berwarna.

Hasil ini melengkapi studi literatur terhadap beberapa penelitian berpuluh tahun sebelumnya. Studi itu menunjukkan bahwa penelitian tentang mimpi dari tahun 1915 sampai tahun 1950an menunjukkan sebagian besar orang mimpi dalam hitam-putih. Kemudian pada tahun 1960an, ketika TV berwarna mulai dipergunakan secara luas, penelitian tentang mimpi juga melihat semakin banyak orang mulai berwarna mimpinya.

Bagaimana dengan mimpi mereka yang tidak pernah menonton TV sama sekali di masa kecilnya seperti kebanyakan orang-orang tua di Indonesia? Artikel ini tidak menyebutkannya, tapi menurut Murzyn, orang-orang memang sudah bermimpi dalam warna sebelum televisi ditemukan.

popsy.wordpress.com

No comments:

Post a Comment